By. SUHARNO, S.Pd.I
Kosakata (Inggris: vocabulary) adalah himpunan kata atau khazanah kata yang diketahui oleh seseorang atau
entitas lain, atau merupakan bagian dari suatu bahasa tertentu1. Kosakata seseorang didefinisikan sebagai
himpunan semua kata-kata yang dimengerti oleh orang tersebut dan kemungkinan
akan digunakannya untuk menyusun
kalimat baru.2 Kekayaan kosakata seseorang secara umum
dianggap merupakan gambaran dari intelejensia atau tingkat pendidikannya.
Menurut Horn, kosakata adalah sekumpulan kata yang
membentuk sebuah bahasa. Peran kosakata dalam menguasai empat kemahiran
berbahasa sangat diperlukan sebagaimana yang dinyatakan Vallet adalah
bahwa kemampuan untuk memahami empat kemahiran berbahasa tersebut sangat
bergantung pada penguasaan kosakata seseorang.3 Meskipun demikian pembelajaran bahasa
tidak identik dengan hanya mempelajari kosakata. Dalam arti untuk memiliki
kemahiran berbahasa tidak cukup hanya dengan menghafal sekian banyak kosakata.4
Kosakata merupakan kumpulan kata-kata tertentu yang akan
membentuk bahasa. Kata adalah bagian terkecil dari bahasa yang sifatnya bebas.
Pengertian ini membedakan antara kata dengan morfem. Morfem adalah satuan
bahasa terkecil yang tidak bisa dibagi atas bagian bermakna yang lebih kecil
yang maknanya relative stabil.5 Maka kata terdiri dari morfem-morfem,
misalnya kata mu’allim
(معلم ) dalam bahasa Arab terdiri dari satu morfem. Sedangkan kata al-mu’allim (المعلم ) mempunyai dua morfem yaitu ال dan معلم .
Adapun kata yang mempunyai tiga
morfem adalah kata yang terbentuk dari morfem-morfem yang mana masing-masing
morfem mempunyai arti khusus. Misalnya kata al-mu’allimun (المعلمون) yang terdiri dari tiga morfem yaitu ال , معلم dan
ون .6
Dalam pembelajaran bahasa Arab ada beberapa masalah dalam
pembelajaran kosakata yang disebut problematika kosakata (مشكلات صرفية). Hal itu terjadi karena dalam pembelajaran kosakata mencakup
didalamnya tema-tema yang kompleks yaitu perubahan derivasi, perubahan
infleksi, kata kerja, mufrad, tatsniyah, jama’, ta’nîts,
tadzkîr dan makna leksikal dan fungsional.7 Tetapi dalam makalah ini, penulis tidak
menjelaskan satu persatu dari tema-tema tersebut secara detail, hanya sekedar
mengemukakan bahwa cakupan pembelajaran kosakata tidak sederhana tetapi cukup
luas dan rumit.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa kosakata
merupakan kumpulan kata-kata yang membentuk bahasa yang diketahui seseorang dan
kumpulan kata tersebut akan ia digunakan dalam menyusun kalimat atau
berkomunikasi dengan masyarakat. Komunikasi seseorang yang dibangun dengan
penggunaan kosakata yang tepat dan memadai menunjukkan gambaran intelejensia
dan tingkat pendidikan si pemakai bahasa.
Semoga
Bermanfaat….
No
|
Daftar
Sub Pembelajaran Kosakata
|
1
|
|
2
|
|
3
|
Makna dan Fungsi Kosakata (al-Mufradât)
|
4
|
Bentuk-Bentuk (Shiyagh) Kosakata Bahasa Arab
|
5
|
Pembelajaran Kosakata (al-Mufradât)
|
6
|
Dasar-Dasar Pemilihan Kosakata (al-Mufradât)
|
7
|
Metode dan Teknik-Teknik Pembelajaran Kosakata (al-Mufradât)
|
8
|
Evaluasi dalam Pembelajaran Kosakata (al-mufradât)
|
9
|
LITERATUR
|
0 comments:
Posting Komentar