PENDIDIKAN BAHASA ARAB
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
  • Belajar B.Arab Melalui Cerita Bergambar
  • Teknik Menarik dalam Mengajar B. Arab
  • Kiat Sukses Belajar Bahasa Arab
  • Sejak Dini Belajar Bahasa Arab
  • Pentingnya Belajar Bahasa Arab
  • Mudah Belajar Bahasa Arab
  • Belajar Cepat Bahasa Arab
  • Mengapa belajar bahasa Arab ?
  • Belajar Bahasa Arab, Sulitkah ???
  • Tehnik Belajar Bahasa Arab
  • Wajibkah Belajar Bahasa Arab ??
  • Belajar online bahasa arab
  • Kesulitan Belajar Bahasa Arab
  • Situs Translate Bahasa Arab
  • Pendekatan Pembelajaran Bahasa Arab
  • Problematika Pembelajaran Bahasa Arab
  • Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab
  • Teknik Main Peranan dalam Pemb B.Arab
  • Teknik Sumbangsaran dalam Pemb B.Arab
  • Teknik Simulasi dalam Pemb B.Arab
  • Teknik Latih-Tubi dalam Pemb B.Arab
  • Metode Pembelajaran Sya'ir Arab
  • Implementasi Teknologi Dlm Pemb B. Arab
  • Huruf Hijaiyah Awal Pembelajaran B.Arab
  • Metode Pemb Klasik & Modern B.Arab
  • Metode Pembelajaran B.Arab Secara Umum
  • Pemb B.Arab (Active Learning) Silberman
  • PEMIKIRAN BAHASA ARAB

    Pendidikan Bahasa Arab Di Amerika

    Oleh: Ach Farouq Abdullah S.Pd.I
    (Jurusan PBA Universitas Darussalam Gontor)

    Bahasa Arab (اللغة العربية al-lughah al-‘Arabīyyah, atau secara ringkas عربي ‘Arabī) adalah salah satu bahasa Semitik Tengah, yang termasuk dalam rumpun bahasa Semitik dan berkerabat dengan bahasa Ibrani dan bahasa-bahasa Neo Arami. Bahasa Arab memiliki lebih banyak penutur daripada bahasa-bahasa lainnya dalam rumpun bahasa Semitik. Ia dituturkan oleh lebih dari 280 juta orang sebagai bahasa pertama, yang mana sebagian besar tinggal di Timur Tengah dan Afrika Utara. Bahasa ini adalah bahasa resmi dari 25 negara, dan merupakan bahasa peribadatan dalam agama Islam karena merupakan bahasa yang dipakai oleh Al-Qur'an. Berdasarkan penyebaran geografisnya, bahasa Arab percakapan memiliki banyak variasi (dialek), beberapa dialeknya bahkan tidak dapat saling mengerti satu sama lain. Bahasa Arab modern telah diklasifikasikan sebagai satu makrobahasa dengan 27 sub-bahasa dalam ISO 639-3. Bahasa Arab Baku (kadang-kadang disebut Bahasa Arab Sastra) diajarkan secara luas di sekolah dan universitas, serta digunakan di tempat kerja, pemerintahan, dan media massa.[1]

    Sekilas tentang sistem pendidikan di AS
           Ada dua macam pendidikan di AS, yaitu negeri dan swasta; namun antara keduanya ada pendidikan di rumah. Karena tidak disebutkan dalam konstitusi, maka tanggung jawab pendidikan adalah pada negara bagian. Pengawasan pendidikan dilakukan oleh 3 pihak, yaitu federal, state, dan local control. Di tingkat lokal, pengawasan dilakukan oleh dewan sekolah, pengawas, sekolah kabupaten, orang tua, dan masyarakat. Tiap state atau negara bagian memiliki sistem pendidikan tersendiri, sehingga ada 50 macam sistem pendidikan di AS sesuai dengan jumlah negara bagian. Masing-masing mendelegasikan kekuasaannya kepada dewan sekolah. Karena itu kontrol pendidikan terletak pada sekolah dan masyarakat di kabupaten.

           Tiap sekolah memiliki sistem pendidikan. Jika jumlah sekolah di AS ada 14.000, ini berarti ada 14.000 macam sistem pendidikan. Jumlah tersebut dari tahun ke tahun menurun. Pada tahun 1930 sebanyak 130.000 ribu, dan pada tahun 2000 tinggal 14.000. Jam belajar diatur setiap hari antara 6-7 jam, termasuk makan siang. Dalam setahun hari masuk sekitar 180-190 yang terbagi dalam 4 kuartal @ 9 minggu untuk SMU. Sedangkan tingkat SD-SLTP sehari antara 6-7 jam pelajaran @ 45-55 menit. Terkadang ada penjadwalan dengan waktu 90 menit yang disebut dengan (block)

           Kurikulum inti ditentukan oleh tiap state, terdiri dari: seni bahasa (menulis, ejaan, membaca), bahasa, sains, matematika, ilmu pengetahuan sosial, dan olah raga. Persyaratan lulusan ditentukan oleh tiap state, dan saat itu 34 states mengharuskan tes bagi siswa yang menghasilkan produk, jadi bukan tes tertulis. Produk tersebut antara lain berupa hasil riset dan dipresentasikan di depan kelas. Ebtanas tidak ada. Nampaknya, tidak ada satu sistem pendidikan tertentu yang harus dianut di AS.[2]

    Minat Belajar Bahasa Arab di Amerika
    Bahasa Arab menarik minat jutaan penduduk dunia untuk mempelajarinya, karena sebagian istilah Islam berasal dari bahasa Arab. Bahasa Arab juga telah diajarkan di pesantren-pesantren Indonesia. Banyak universitas internasional dan beberapa sekolah menengah internasional telah mengajarkan Bahasa Arab (Arabic as Foreign Language). Bahasa Arab berkembang semakin luas dengan munculnya software, siaran TV berbahasa Arab, dan pembelajaran online.

    Bahasa Arab dikenal sebagai bahasa yang sulit. “Bahasa Arab memberikan sejumlah tantangan bagi mereka yang menggunakan bahasa Inggris,” kata Dr. Omran.Tantangan itu misalnya dari cara membacanya dari kanan ke kiri, bunyi hurufnya yang masih terasa asing bagi pemakai bahasa Inggris dan tata bahasanya yang agak pelik.

    Dr Omran sudah lebih dari 20 tahun mengajar bahasa Arab bagi mahasiswa Amerika. Ia mengatakan, dengan sedikit kerja keras dan komitmen, setiap orang bisa cepat menguasai bahasa Arab dan lancar bicara dengan menggunakan bahasa itu.Namun menurut Dr. Michael Cooperson yang sudah mengajar bahasa Arab di sejumlah universitas bergengsi di AS seperti Harvard dan UCLA, tingkat kesulitan belajar bahasa Arab tergantung pada bahasa yang sering dipakai oleh mahasiswa bersangkutan. “Jika bahasa yang selalu digunakan berdialek sama dengan bahasa Arab, ini menguntungkan. Termasuk jika sebelumnya ada sudah biasa bicara dengan bahasa Hebrew atau bahasa Semit lainnya,” kata Dr Cooperson

    Peran strategis Timur Tengah dari segi produksi energi, perekonomian dan keamanan mendorong minat warga AS mempelajari bahasa Arab. Salah satu tantangan dalam mempelajari bahasa Arab adalah beragamnya gaya bahasa Arab, mulai dari Arab klasik seperti yang tertulis di Al-Quran hingga berbagai dialek bahasa Arab modern.[3] Sehingga minat untuk mempelajari bahasa Arab terus meningkat. Demikian menurut survei Modern Language Association terbaru, yang mengungkap pendaftaran untuk belajar bahasa Arab naik pesat hingga lebih dari dua kali lipat. Bahkan bahasa Arab kini menjadi salah satu dari 10 bahasa asing yang paling banyak dipelajari di AS.

    Menurut Persatuan Pengajar Bahasa Arab di Amerika Serikat (AATA), peran strategis Timur Tengah dari segi produksi energi, perekonomian dan keamanan mendorong minat warga AS mempelajari bahasa Arab. "Bahasa Arab juga adalah salah satu dari enam bahasa-bahasa resmi PBB. Oleh karena itu, diakui sebagai bahasa tingkat dunia," ujar Presiden AATA Elizabeth Bergman, ahli bahasa Arab di Universitas Miami di kota Oxford, Ohio.Lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia menggunakan bahasa Arab. "Bahasa Arab juga merupakan bahasa persatuan dari seluruh negara yang tergabung dalam Liga Arab,” tambah Dr. Bergman.

    Bagi warga Amerika, salah satu tantangan dalam mempelajari bahasa Arab adalah penggunaan sistem alfabet yang berbeda dengan huruf Latin. Oleh karena itu, pelajar harus memulai mempelajarinya dari tahap paling awal.

    Namun menurut  Dr. Bergman, “Bahasa Arab sebenarnya tidak sulit. Tetapi bagi seorang penutur bahasa Inggris Amerika, tantangan yang dihadapi dalam mempelajari bahasa ini adalah bukan saja karena harus menguasai beragam gaya bahasa Arab klasik, yang adalah bahasa Al-Qur’an, tetapi juga perlu menguasai bahasa hidup sehari-hari, yang memang berbeda dalam banyak hal.”

    Organisasi AATA yang berbasis di Birmingham, Alabama, bertujuan memfasilitasi komunikasi dan kerjasama antara para pengajar bahasa Arab, serta mempromosikan studi, penelaahan, penelitian dan pengajaran di bidang ilmu pedagogi bahasa dan kesusasteraan Arab[4]

    Referensi

    [1] http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Arab
    [2] http://pendidikanislam.net/index.php/untuk-guru-a-dosen/38-umum/121-sekilas-model-pendidikan-di-amerika-serikat-4
    [3] http://ddhongkong.org/minat-belajar-bahasa-arab-di-amerika-meningkat/
    [4] http://www.voanews.com/indonesian/news/Semakin-Banyak-Warga-Amerika-Minati-Bahasa-Arab.html

    Reactions:

    0 comments:

    Posting Komentar