Pendekatan pembelajaran bahasa
Arab yang efektif mencakup empat pendekatan,
yaitu pendekatan humanistik, komuni-katif, kontekstual,
dan struktural.
(1) Pendekatan
humanistik melihat bahwa pembelajaran
bahasa Arab memerlukan keaktifan pembelajarnya, bukan pengajar.
Pelajarlah yang aktif belajar bahasa dan pengajar berfungsi sebagai
motivator, dinamisator, administrator, evaluator, dsb. Pengajar harus
memanfaatkan semua potensi yang dimiliki pemelajar.
(2) Pendekatan
komunikatif melihat bahwa fungsi utama bahasa adalah komunikasi. Hal ini berarti
materi ajar bahasa Arab harus materi yang praktis dan pragmatis, yaitu
materi ajar terpakai dan dapat dikomunikasikan oleh pelajar secara lisan
maupun tulisan. Materi ajar yang tidak komunikatif akan kurang efektif dan
membuang waktu saja.
(3) Pendekatan
kontekstual melihat bahasa sebagai suatu makna yang sesuai dengan kebutuhan
pelajar dan setingnya. Di sini, rancangan materi ajar harus berdasarkan
kebutuhan lembaga, kebutuhan pemelajar hari ini dan ke depan.
(4) Pendekatan
struktural melihat bahwa pembelajaran bahasa sebagai hal yang formal. Oleh sebab
itu, struktur bahasa (qawaid) harus mendapat perhatian dalam merancang materi
ajar. Namun struktur harus fungsional agar komunikatif dan praktis.
Qawaid/ grammar
yang tidak praktis dan tidak komunikatif dalam pembelajaran
bahasa Arab telah gagal membentuk pembelajaran terampil berbahasa,
bukan saja bahasa Arab tetapi juga bahasa Inggris.
0 comments:
Posting Komentar