By. SUHARNO, S.Pd.I
Rusydy Ahmad Tha’imah memberikan klasifikasi kosakata
(al-mufradât) menjadi 4 (empat) yang masing-masing terbagi lagi sesuai
dengan tugas dan fungsinya, sebagai berikut:8
A. Pembagian
kosakata dalam konteks Kemahiran Kebahasaan
- Kosakata untuk memahami (understanding vocabulary) baik bahasa lisan ( الاستـماع ) maupun teks (القراءة ).
- Kosakata untuk berbicara (speaking vocabulary). Dalam pembicaraan perlu penggunaan kosakata yang tepat, baik pembicaraan informal (عادية) maupun formal (موقفية).
- Kosakata untuk menulis (writing vocabulary). Penulisan pun membutuhkan pemilihan kosakata yang baik dan tepat agar tidak disalahartikan oleh pembacanya. Penulisan ini mencakup penulisan informal seperti catatan harian, agenda harian dan lain-lain dan juga formal, misalnya penulisan buku, majalah, surat kabar dan seterusnya.
- Kosakata potensial. Kosakata jenis ini terdiri dari kosakata context yang dapat diinterpretasikan sesuai dengan konteks pembahasan, dan kosakata analysis yakni kosakata yang dapat dianalisa berdasarkan karakteristik derivasi kata unuk selanjutnya dipersempit atau diperluas maknanya.
B.
Pembagian kosakata menurut maknanya
1. Kata-kata inti (content
vocabulary). Kosakata ini adalah kosakata dasar yang membentuk sebuah
tulisan menjadi valid, misalnya kata benda, kata kerja, dll.
2. Kata-kata fungsi (function words).
Kata-kata ini yang mengikat dan menyatukan kosakata dan kalimat sehingga
menbentuk paparan yang baik dalam sebuh tulisan. Contohnya hurûf jâr, adawât
al-istifhâm, dan seterusnya.
3. Kata-kata gabungan (cluster words).
Kosakata ini adalah kosakata yang tidak dapat berdiri sendiri, tetapi selalu
dipadukan dengan kata-kata lain sehingga membentuk arti yang berbeda-beda.
Misalnya kata رغب dapat berarti menyukai bila kata tersebut dipadukan
dengan في menjadi
رغب في . Sedangkan bila diikuti dengan kata عن menjadi
رغب عن artinya pun berubah menjadi benci atau tidak suka.
C.
Pembagian kosakata menurut
karakteristik kata (takhassus).
1. Kata-kata tugas (service words)
yaitu kata-kata yang digunakan untuk menunjukan tugas, baik dalam lapangan
kehidupan secara informal maupun formal dan sifatnya resmi.
2. Kata-kata inti khusus (special
content words). Kosa kata ini adalah kumpulan kata yang dapat mengalihkan arti
kepada yang spesifik dan digunakan di berbagai bidang ulasan tertentu, yang
biasa juga disebut local words atau utility words.
D.
Pembagian kosakata menurut
penggunaannya.
1. Kosakata aktif (active words),
yakni kosakata yang umumnya banyak digunakan dalam berbagai wacana, baik
pembicaraan, tulisan atau bahkan banyak didengar dan diketahui lewat berbagai
bacaan.
2. Kosakata pasif (passive words),
yaitu kosakata yang hanya menjadi perbendaharaan kata seseorang namun jarang ia
gunakan. Kosakata ini diketahui lewat buku-buku cetak yang biasa menjadi
rujukan dalam penulisan makalah atau karya ilmiah.9
No
|
Daftar Sub Pembelajaran Kosakata
|
1
|
|
2
|
|
3
|
Makna dan Fungsi Kosakata (al-Mufradât)
|
4
|
Bentuk-Bentuk (Shiyagh) Kosakata Bahasa Arab
|
5
|
Pembelajaran Kosakata (al-Mufradât)
|
6
|
Dasar-Dasar Pemilihan Kosakata (al-Mufradât)
|
7
|
Metode dan Teknik-Teknik
Pembelajaran Kosakata (al-Mufradât)
|
8
|
Evaluasi dalam Pembelajaran Kosakata (al-mufradât)
|
9
|
LITERATUR
|
0 comments:
Posting Komentar